SMA Negeri 1 Kerambitan
Geografi
X/Ganjil
2020/2021
Materi Pokok:
Pengetahuan Dasar Geografi
Alokasi Waktu: 3 X 45 Menit
Pertemuan : 1
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1. Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
Kegiatan Pembelajaran Jarak jauh.
Pendahuluan
Seeking of information
· Guru mengarahkan siswa melalaui Group WhatApp tetang materi ajar dan konsep belajar jarak jauh
· Memeriksa kehadiran peserta didik / partisipan di zoom meating dengan Fasilitas Join Meetting dan google form (absensi)
· Membuka dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Kegiatan Inti
Apersepsi melalui aplikasi zoom
· Guru menyampaikan sekilas tentang materi yang akan diajarkan .
· Guru mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi melalui aplikasi zoom.
· Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yg akan dibahas dalam kehidupan sehari hari.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembahasan.
· Guru memberikan penugasan permasalahan sesuai tema
· Siswa mengumpulkan informasi berupa literasi dengan memanpaatkan fortal https://belajar.kemdikbud.go.id pada bagian sumber belajar dan https://nyomansupariarta.blogspot.com/
Acquisition of information
· Siswa mengasosiasi pembelajaran sesuai tema yang diberikan
· Siswa Menyelesaikan permasalah sesuai tema secara mandiri
Synthesizing of knowledge
· Siswa mengirim jawaban secara daring memanfaatkan aplikasi atau media yang ditentukan guru
Penutup
· Guru melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara daring
Tujuan Pembelajaran
3.1.1 Siswa dapat menjelaskan ruang lingkup pengetahuan geografi.
3.1.2 Siswa dapat menganalisis objek studi dan aspek geografi.
3.1.3 Siswa dapat menjelaskan konsep esensial geografi dan contoh terapannya.
4.1.1 Membuat contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
Model Pembelajaran
Blended Learning
Materi Esensi
· Ruang lingkup pengetahuan geografi
· Konsep esensial geografi dan contoh terapannya
- Pengertian geografi
- Perkembangan ilmu geografi
- Konsep esensial geografi
· Obyek studi geografi
Penilaian Jarak jauh
· Penilaian sikap : Observasi selama pembelajaran
· Penilaian Pengetahuan : Tugas mandiri
· Penilaian Ketrampilan : Hasil capaian tugas
Media / Sumber Belajar
Buku Paket Geografi Kls X, YouTube, Quizizz, geogle classroom.Zoom mettings, Webex, Google form,. Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id, https://nyomansupariarta.blogspot.com/ dan sumber belajar lainnya yang mendukung.
SMA Negeri 1 Kerambitan
Geografi
X/Ganjil
2020/2021
Materi Pokok:
Pengetahuan Dasar Geografi
Alokasi Waktu: 3 X 45 Menit
Pertemuan : 2
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1. Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
Kegiatan Pembelajaran Jarak jauh.
Pendahuluan
Seeking of information
· Guru mengarahkan siswa melalaui Group WhatApp tetang materi ajar dan konsep belajar jarak jauh
· Memeriksa kehadiran peserta didik / partisipan di zoom meating dengan Fasilitas Join Meetting dan google form (absensi)
· Membuka dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Kegiatan Inti
Apersepsi melalui aplikasi zoom
· Guru menyampaikan sekilas tentang materi yang akan diajarkan .
· Guru mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi melalui aplikasi zoom.
· Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yg akan dibahas dalam kehidupan sehari hari.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembahasan.
· Guru memberikan penugasan permasalahan sesuai tema
· Siswa mengumpulkan informasi berupa literasi dengan memanpaatkan fortal https://belajar.kemdikbud.go.id pada bagian sumber belajar dan https://nyomansupariarta.blogspot.com.
Acquisition of information
· Siswa mengasosiasi pembelajaran sesuai tema yang diberikan
· Siswa Menyelesaikan permasalah sesuai tema secara mandiri
Synthesizing of knowledge
· Siswa mengirim jawaban secara daring memanfaatkan aplikasi atau media yang ditentukan guru
Penutup
· Guru melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara daring
Tujuan Pembelajaran
3.1.4. Menjelaskan prinsip geografi dan contoh terapannya.
3.1.5. Mengidentifikasi aspek-aspek geografi dan gejala-gejalanya dalam kehidupan
3.1.6. Menunjukkan objek dan aspek geografi pada peta yang memperlihatkan penerapan konsep dan prinsip geografi
4.1.2 Membuat contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
Model Pembelajaran
Blended Learning
Materi Esensi
Prinsip geografi dan contoh terapannya
1. Prinsip persebaran
2. Prinsip timbal balik
3. Prinsip korologi
4. Prinsip penggambaran
Aspek geografi
1. Aspek fisik (alamiah)
2. Aspek sosial (kehidupan)
Penilaian Jarak jauh
· Penilaian sikap : Observasi selama pembelajaran
· Penilaian Pengetahuan : Tugas mandiri
· Penilaian Ketrampilan : Hasil capaian tugas
Media / Sumber Belajar
Buku Paket Geografi Kls X, YouTube, Quizizz, geogle classroom.Zoom mettings, Webex, Google form,. Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id, https://nyomansupariarta.blogspot.com/ dan sumber belajar lainnya yang mendukung.
SMA Negeri 1 Kerambitan
Geografi
X/Ganjil
2020/2021
Materi Pokok:
Pengetahuan Dasar Geografi
Alokasi Waktu: 3 X 45 Menit
Pertemuan : 3
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1. Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
Kegiatan Pembelajaran Jarak jauh.
Pendahuluan
· Guru mengarahkan siswa melalaui Group WhatApp tetang materi ajar dan konsep belajar jarak jauh
· Memeriksa kehadiran peserta didik / partisipan di zoom meating dengan Fasilitas Join Meetting dan google form (absensi)
· Membuka dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Kegiatan Inti
Apersepsi melalui aplikasi zoom
· Guru menyampaikan sekilas tentang materi yang akan diajarkan .
· Guru mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi melalui aplikasi zoom.
· Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yg akan dibahas dalam kehidupan sehari hari.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembahasan.
· Guru memberikan penugasan permasalahan sesuai tema
· Siswa mengumpulkan informasi berupa literasi dengan memanpaatkan fortal https://belajar.kemdikbud.go.id pada bagian sumber belajar dan https://nyomansupariarta.blogspot.com/
· Siswa mengasosiasi pembelajaran sesuai tema yang diberikan
· Siswa Menyelesaikan permasalah sesuai tema secara mandiri dengan membuat mand mapping
Penutup
· Guru melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara daring
Tujuan Pembelajaran
3.1.7. Menjelaskan fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan keruangan.
3.1.8.Menjelaskan fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan kelingkungan.
3.1.9. Menjelaskan fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan kompleks wilayah.
Model Pembelajaran
Mand Mapping
Materi Esensi
· Pendekatan keruangan.
· Pendekatan kelingkungan.
· Pendekatan kompleks wilayah.
Penilaian Jarak jauh
· Penilaian sikap : Observasi selama pembelajaran
· Penilaian Pengetahuan : Tugas mandiri
· Penilaian Ketrampilan : Hasil capaian tugas
Media / Sumber Belajar
Buku Paket Geografi Kls X, YouTube, Quizizz, geogle classroom.Zoom mettings, Webex, Google form,. Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id, https://nyomansupariarta.blogspot.com/ dan sumber belajar lainnya yang mendukung.
SMA Negeri 1 Kerambitan
Geografi
X/Ganjil
2020/2021
Materi Pokok:
Pengetahuan Dasar Geografi
Alokasi Waktu: 3 X 45 Menit
Pertemuan : 4
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1. Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
Kegiatan Pembelajaran Jarak jauh.
Pendahuluan
Seeking of information
· Guru mengarahkan siswa melalaui Group WhatApp tetang materi ajar dan konsep belajar jarak jauh
· Memeriksa kehadiran peserta didik / partisipan di zoom meating dengan Fasilitas Join Meetting dan google form (absensi)
· Membuka dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Kegiatan Inti
Apersepsi melalui aplikasi zoom
· Guru menyampaikan sekilas tentang materi yang akan diajarkan .
· Guru mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi melalui aplikasi zoom.
· Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yg akan dibahas dalam kehidupan sehari hari.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru mengajukan pertanyaan tentang materi pembahasan.
· Guru memberikan penugasan permasalahan sesuai tema
· Siswa mengumpulkan informasi berupa literasi dengan memanpaatkan fortal https://belajar.kemdikbud.go.id pada bagian sumber belajar dan https://nyomansupariarta.blogspot.com/
Acquisition of information
· Siswa mengasosiasi pembelajaran sesuai tema yang diberikan
· Siswa Menyelesaikan permasalah sesuai tema secara mandiri
Synthesizing of knowledge
· Siswa mengirim jawaban secara daring memanfaatkan aplikasi atau media yang ditentukan guru
Penutup
· Guru melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara daring
Tujuan Pembelajaran
4.2 Membuat laporan hasil pengamatan tentang penerapan pengetahuan dasar geografi dalam kehidupan sehari-hari.
Model Pembelajaran
Blended Learning
Materi Esensi
· Penerapan pengetahuan dasar geografi dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian Jarak jauh
· Penilaian sikap : Observasi selama pembelajaran
· Penilaian Pengetahuan : Tugas mandiri
· Penilaian Ketrampilan : Hasil capaian tugas
Media / Sumber Belajar
Buku Paket Geografi Kls X, YouTube, Quizizz, geogle classroom.Zoom mettings, Webex, Google form,. Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id, https://nyomansupariarta.blogspot.com/ dan sumber belajar lainnya yang mendukung.
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook